Karang Taruna di Bekasi Bersih-bersih Rumah Ibadah Lintas Agama

  Selasa, 20 November 2018   Ananda M Firdaus
Sejumlah pemuda menggelar kegiatan bersih-bersih rumah ibadah di Klenteng Hok Lay Kiong, Jalan Mayor Oking, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Selasa (20/11/2018). (Ananda M Firdaus/Ayobekasi.net)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET--Kota Bekasi yang digaung-gaung menjadi miniatur Indonesia tercermin dari aneka masyarakat yang tinggal di dalamnya. Perbedaan etnis, kepercayaan, maupun agama membuat kota ini mampu menerapkan nilai toleransi yang tinggi.

Karang Taruna asal Kayuringin Jaya, Bekasi Selatan, mencoba mempraktekan kehidupan yang bertoleransi. Lebih jauh mengambil peran untuk menjaga keharmonisan dalam hidup berbangsa dan bernegara antar umat beragama. Mereka menggelar kegiatan bersih-bersih rumah ibadah lintas agama di sejumlah tempat di Kota Bekasi.

AYO BACA : DLH Kota Bekasi Adakan Kegiatan Bersih Kali Bekasi

"Kegiatan kami ini adalah bentuk kehadiran anak muda untuk ikut ambil bagian dalam upaya merawat keberagaman di Indonesia dan juga kami di karang taruna ingin hadir sebagai garda terdepan dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," ujar Ketua Karang Taruna Kayuringin Jaya, Yudha Krisnahadi di sela-sela kegiatan, Selasa (20/11/2018).

Dia menerangkan, rumah ibadah yang menjadi tujuan yakni rumah-rumah ibadah yang secara agama diakui di tanah air dan berdiri di Kota Bekasi. Antara lain yakni Gereja Kristen Protestan Indonesia, Gereja Katholik Santo Mikael, Masjid Al-Mubarok, Klenteng Hok Lay Kiong, Vihara Budha Dharma, dan Pura Agung Tirta Buana.

AYO BACA : Gelar Bersih Kali Bekasi, Pemkot Bekasi Temukan TPS Liar

Menurut Yudha, kegiatan ini juga sebagai rangkaian kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna Kelurahan Kayuringin Jaya 2018 sekaligus untuk memperingati Hari Toleransi Internasional yang jatuh pada tanggal 16 November lalu.

Kegiatan bersih-bersih rumah ibadah pada Selasa dilaksanakan di Gereja Kristen Protestan Indonesia, Klenteng Hok Lay Kiong dan Vihara Buddha Dharma, sedangkan tiga rumah ibadah lainnya rencana diadakan pada Sabtu (24/11/2018).

Dia berharap, kegiatan yang dilakukan pihaknya dapat diikuti oleh karang taruna, maupun organisasi lainnya.  Dia pun berharap, program yang langsung bersentuhan dengan masyarakat ini dapat memupuk semangat persatuan Kota Bekasi.

"Kedepan semoga kehidupan antar umat beragama di Kota Bekasi berjalan dengan baik dan kondusif dengan mengedepankan nilai-nilai Bhinneka Tunggal Ika, saling menghargai dan menghormati antar umat beragama," pungkasnya.

AYO BACA : Para Tokoh Agama Sambangi Kepolisian Klarifikasi Dukungan Paslon

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar