Prabowo-Sandi Unggul di Kabupaten Bekasi Sebesar 63,8%

  Senin, 13 Mei 2019   Fira Nursyabani
Suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Provinsi di KPU Provinsi Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/5/2019). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

CIKARANG, AYOBEKASI.NET -- Pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, unggul dalam perolehan suara dengan persentase 63,8 persen di Kabupaten Bekasi. Angka ini didapat menyusul selesainya proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 di wilayah tersebut.

"Meski terlambat, kami akhirnya bisa menyelesaikan proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu serentak 2019 pada hari ini pukul 05.30 tadi pagi," kata Ketua Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin di Cikarang, Senin (13/5/2019).

Jajang menjelaskan, dari hasil pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara Pilpres 2019, pasangan nomor urut 02 memeroleh total suara sebanyak 1.046.486, sementara pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapatkan 593.414 suara atau 36,2 persen.

Adapun jumlah suara sah di Kabupaten Bekasi berjumlah 1.639.900 dengan tingkat partisipasi pemilih mencapai 81,36 persen. Menurut Jajang, rekapitulasi di tingkat Kabupaten Bekasi ini telah melewati sejumlah proses yang cukup panjang sebab ada kecamatan yang mengalami keterlambatan.

"Jadi 23 kecamatan se-Kabupaten Bekasi menunggu Kecamatan Tambun Selatan yang paling akhir. Proses penghitungan di sana baru selesai kemarin sore pukul 17.00 WIB," jelasnya.

Meski melewati proses yang cukup panjang dan melelahkan, serta diwarnai dinamika yang berkembang, akhirnya semua itu dapat dilalui hingga tahapan akhir dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Alhamdulillah berkat kerja sama antara pihak keamanan dan para saksi, proses rekapitulasi relatif aman dan tidak ada pengerahan massa. Ini semua bentuk pendewasaan demokrasi di Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Jajang mengakui, proses rekapitulasi penghitungan suara di Kabupaten Bekasi lebih lama jika dibandingkan dengan kabupaten atau kota lain di wilayah Jawa Barat. "Saat ini kami serahkan kotak suara hasil rekapitulasi ke Bandung. Memang Kabupaten Bekasi yang masih ditunggu hasilnya untuk penghitungan tingkat provinsi," ujar dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar