Pemerintah Beri Apresiasi pada Aksi Bersih-bersih Sedunia

  Sabtu, 21 September 2019   Firda Puri Agustine
Relawan mengumpulkan sampah di Bank Sampah pada World Cleanup Day 2019 di Taman Hutan Kota Bekasi, Sabtu (21/9/2019). (Firda Puri Agustine/Ayobekasi.net)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET–Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan apresiasi pada penyelenggaraan aksi bersih-bersih World Cleanup Day (WCD) 2019 yang serentak dilakukan di 157 negara.

Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Hendroyono mengatakan, saat ini pemerintah tengah gencar melakukan aksi bersih-bersih menuju Indonesia Bersih Sampah 2025, dan program WCD 2019 sejalan dengan visi tersebut.

“Kami harapkan momentum ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh pihak dan saling bersinergi, sejalan dengan visi dan program KLHK. Dan, kami memberikan apresiasi serta penghargaan luar biasa untuk para relawan dan semua pihak yang ikut dalam aksi WCD 2019 ini,” kata Bambang di sela konferensi pers WCD 2019 di Taman Hutan Kota Bekasi, Sabtu (21/9/2019).

Dia menambahkan, untuk bisa mewujudkan Indonesia yang peduli kebersihan dan bebas sampah, juga hidup sehat, tidak bisa dikerjakan sendiri. Diperlukan adanya kolaborasi dari berbagai macam elemen, baik masyarakat, organisasi nirlaba, pemerintah daerah, juga seluruh pemangku kepentingan.

“Bagi kami, keberhasilan menuju Indonesia bersih tak lepas dari peran serta masyarakat. Sampah yang kita hasilkan harus bisa kita kelola dan pertanggungjawabkan. Minimal bijak menggunakan plastik dan buang sampah pada tempatnya,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, Leader World Cleanup Day Indonesia Agustina Iskandar mengungkapkan bahwa tahun ini pihaknya menargetkan 50 persen sampah yang terkumpul dalam aksi ini bisa dikelola melalui jaringan Bank Sampah atau melalui perusahaan daur ulang.

“Kalau tahun lalu hanya 30 persen sampah yang bisa dikelola, kami mau tahun ini meningkat jadi 50 persen. Semakin banyak yang bisa dikelola, maka akan semakin baik dan kita sama-sama gotong royong membuat Indonesia bersih,” katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar