WHO Luruskan Kesalahan Informasi Seputar Virus Corona

  Selasa, 28 Januari 2020   Suara.com
Warga diduga terjangkit virus Corona di Wuhan, Cina, mendadak jatuh. (YouTube/AKON SONE MM Media)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan klarifikasi untuk sejumlah informasi terkait virus corona Wuhan alias 2019-nCoV karena khawatir disalahartikan.

Dikutip dari situs resminya, WHO menyebut penyebaran informasi yang tidak benar terkait virus corona Wuhan dapat menyebabkan kepanikan yang tidak perlu. Alhasil, penanggulangan penyakit justru bisa terhambat.

Nah, WHO pun menjawab 3 mitos yang sering berkembang di media sosial terkait virus corona Wuhan. Apa saja?

1. Virus corona Wuhan bisa disembuhkan dengan antibiotik

Virus corona Wuhan menyebabkan penyakit dengna gejala pneumonia. Muncul anggapan bahwa penyakit dengan nama 2019-nCoV ini bisa disembuhkan dengan antibiotik untuk mengobati pneumonia.

Padahal menurut WHO hal ini salah besar. Sesuai namanya, virus corona adalah virus sehingga pengobatan dengan antibiotik tidak akan memiliki efek.

"Namun jika Anda dirawat di rumah sakit karena penyakit ini, Anda bisa mendapatkan antibiotik karena risiko ko-infeksi sangat memungkinkan," tulis WHO.

2. Virus corona Wuhan hanya menyerang lansia dan anak-anak

Hampir seluruh kematian akibat virus corona terjadi pada lansia. Meski begitu, bukan berarti hanya anak-anak dan lansia berdaya tahan tubuh lemah yang bisa terinfeksi.

"Siapapun bisa terinfeksi virus corona, tidak hanya lansia dan anak-anak. Namun mereka yang memiliki penyakit penyerta seperti asma, diabetes, atau penyakit jantung memang berisiko lebih tinggi mengalami kefatalan," tulisnya lagi.

3. Virus corona Wuhan bisa ditularkan oleh hewan peliharaan

Virus corona Wuhan diduga disebarkan oleh kelelawar atau ular. Namun, bukan berarti semua hewan bisa menyebarkan penyakit ini.

Hingga saat ini, WHO belum menemukan bukti bahwa hewan peliharaan seperti kucing atau anjing bisa menularkan virus corona.

"Tapi akan sangat baik jika kita berhati-hati, dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air setelah bersentuhan dengan hewan," tulis WHO.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar