PWI dan SMSI Dorong Restocking Ikan di Objek Wisata Rawa Binong

  Kamis, 05 Maret 2020   Adi Ginanjar
Situ Rawa Binong Bekasi

BEKASI, AYOBEKASI.NET -- Usai perhelatan Hari Pers Nasional Februari 2020, keseriusan mendorong sinergi dalam pengembangan pariwisata diperlihatkan sejumlah wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bekasi Raya. 

Bertempat di objek wisata Situ Rawa Binong, Ketua PWI Bekasi Raya Melody Sinaga bersama Ketua SMSI Doni Ardon dan sejumlah wartawan serta 3 wakil rakyat dapil Bekasi, yakni anggota DPR RI, Akhmad Syaikhu, DPRD Provinsi Jawa Barat Faizal Hafan Fairdz, dan DPRD Kabupaten Bekasi, Budiyanto melakukan penebaran 50.000 benih ikan nila, Kamis (5/3/2020).

"Benih ikan diperoleh Bumdesa Hegarmukti Lestari dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat melalui peran anggota dewan, Pak Faizal," kata Melody.

CEO Jakpos ini mengaku prihatin dengan stok ikan yang menurun drastis di perairan umum Situ Rawa Binong pasca banjir yang terjadi beberapa hari belakangan, dimulai awal tahun 2020. 

"Situ Rawa Binong ini memiliki daya tarik wisata untuk dikunjungi, khususnya bagi warga Bekasi yang ingin memancing ikan di perairan umum," kata Melody. 

Dengan suasananya yang sejuk di pusat ibu kota Kabupaten Bekasi dan dukungan infrastruktur jalan yang lebar serta keberadaan pintu tol Cikarang Pusat hanya berjarak 500 meter membuat tempat wisata ini dilirik sebagai salah satu ikon wisata  Kabupaten Bekasi.  

"Tahun ini, Situ Rawa Binong dibangun, ditata dan dikembangkan selayaknya tempat pariwisata yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar," paparnya.

"Dan tentu yang menjadi kebanggaan kami, pengembangan sektor kepariwisataan di Bekasi ini, diantaranya berkat peran teman pers kita Bung Doni, ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) wilayah Bekasi Raya," paparnya.

Faizal Hafan Faridz mengatakan, restocking benih ikan yang dilakukan di Situ Rawa Binong diharapkan dapat mengembalikan ketersediaan ikan dan menjaga keseimbangan ekosistem perairan umum.

"Semoga kegiatan restocking di Situ Rawa Binong ini diikuti pengelola siyu lainnya yang ada di Kabupaten Bekasi, saya pribadi siap mendorong dan memgupayakan perolehan bibitnya ke Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi Jawa Barat," terang Faizal.

Dalam kesempatan tersebut, Akhmad Syaikhu berpesan agar restocking dapat menjadi suatu budaya di masyarakat.

Syaikhu mengajak para pembudi daya khususnya pelaku pembenihan agar dapat turut menjaga kelestarian perairan umum dengan ikut melakukan restocking benih ikan, khususnya ikan-ikan yang tidak berbahaya atau infasif.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar