7 Makanan Ini Bantu Atasi Depresi dan Perubahan Suasana Hati

  Kamis, 09 April 2020   Vina Elvira
ilustrasi depresi. (Pixabay)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Depresi dianggap sebagai salah satu penyebab terbesar beberapa penyakit. Depresi dapat mengacaukan kesehatan mental, mengganggu pekerjaan sehari-hari, bahkan dalam kasus-kasus ekstrim, membuat orang tidak ingin menjalani hidup lagi.

Sementara masalah kesehatan mental masih dianggap tabu di beberapa negara, sudah saatnya kita mengenali depresi sebagai gangguan kesehatan serius seperti penyakit lainnya dan mulai membicarakannya.

Gaya hidup yang buruk, dapat berkontribusi terhadap depresi. Oleh karena itu, beberapa kebiasaan sehat terbukti dapat membantu mengatasi gejala depresi.

Salah satu kebiasaan sehat yang masih sering diabaikan banyak orang adalah, menjaga pola makan yang baik dan benar. Para ahli kesehatan sepakat bahwa nutrisi tertentu tidak hanya dapat meningkatkan suasana hati Anda tapi juga dapat membantu meningkatkan tingkat energi, meningkatkan fokus mental, dan bahkan memerangi peradangan di otak.

Melansir dari food.ndtv Senin (6/4/2020) berikut 7 makanan yang dapat membantu mengatasi depresi dan perubahan suasana hati:

1. Karbohidrat kompleks

Ahli Nutrisi menyarankan Anda untuk menambahkan karbohidrat yang lebih kompleks (karbohidrat baik dari biji-bijian, beras merah, dan sayuran) ke dalam makanan Anda untuk melawan depresi.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat, telah dikaitkan dengan gejala kegugupan, kecemasan, penurunan konsentrasi dan insomnia.

2. Vitamin D

Vitamin D diproduksi oleh kulit dengan bantuan sinar matahari. Banyak penelitian ilmiah menunjukkan bahwa orang yang depresi juga memiliki kadar vitamin D yang rendah.

Depresi juga merupakan permainan hormon dan vitamin yang terkait dengan produksi atau regulasi hormon tertentu.

3. Minum lebih banyak air

Miliki diet seimbang, dan tambahkan lebih banyak cairan seperti teh hijau, buttermilk, dan bahkan susu.

Susu memiliki efek menenangkan pada otak. Anda dapat membuat smoothie pisang dan susu untuk mengatasi perubahan suasana hati yang buruk di pagi hari. Keduanya dalat menimbulkan perasaan tenang.

Selain itu, perbanyak juga minum air putih terutama saat Anda bangun di pagi hari.

4. Vitamin B Kompleks dan lemak

Lemak sangat penting untuk membuat seseorang bahagia. Tapi pastikan Anda memilih jenis lemak yang tepat.

Makanan yang kaya akan Vitamin B juga bisa sangat membantu. Mereka mengubah makanan menjadi bahan bakar dan menjaga Anda tetap bersemangat sepanjang hari.

Cobalah untuk tambahkan makanan seperti alpukat, buncis, cokelat hitam, dan kacang-kacangan ke dalam makanan sehari-hari Anda.

5. Antioksidan dari buah beri dan sayuran hijau

Antioksidan dari buah beri dan sayuran hijau

Pola makan yang kaya antioksidan terbukti menghilangkan stres, kegelisahan, dan depresi.

Antioksidan adalah zat yang dapat mencegah atau menunda kerusakan sel akibat reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, yang memengaruhi fungsi sel dalam tubuh Anda.

Karena itu, antioksidan dapat membantu mengurangi stres oksidatif pada kesehatan mental Anda.

Buah beri dan buah-buahan seperti ceri dan anggur serta sayuran hijau mengandung antioksidan yang sangat membantu.

6. Makanan kaya karoten

Ahli Nutrisi mengatakan  ahwa makanan yang kaya karoten dapat membantu mengatasi depresi. Ini adalah senyawa yang menambahkan warna oranye kemerahan ke buah-buahan dan sayuran tertentu.

Wortel, tomat, dan ubi adalah sumber karoten yang baik. Semakin intens warna buah atau sayuran, semakin banyak karoten yang dimilikinya.

7. Makanan kaya protein

Makanan kaya protein dikenal untuk meningkatkan kewaspadaan. Beberapa dari mereka mengandung asam amino yang disebut triptofan yang membantu tubuh Anda meningkatkan zat kimia otak yaitu serotonin. Serotonin dapat meningkatkan suasana hati Anda.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar