Pemkot Bekasi Izinkan Salat Id di Masjid, Warga Pilih di Rumah Saja

  Rabu, 20 Mei 2020   Firda Puri Agustine
Ilustrasi salat Idulfitri. (ayobekasi.net)

BEKASI TIMUR, AYOBEKASI.NET – Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengizinkan masjid yang berada di wilayah zona hijau Covid-19 menggelar salat Idul Fitri. Namun, banyak warga memilih salat di rumah saja.

Seperti yang akan dilakukan Hafiza, warga Kelurahan Aren Jaya, Bekasi Timur. Meski wilayahnya sudah ditetapkan bebas Covid-19, namun ia masih takut berinteraksi di luar rumah.

“Kami sekeluarga rencananya salat jamaah aja di rumah. Alhamdulillah kalau masuk zona hijau, tapi enggak ada yang benar-benar tahu virusnya ada di situ apa enggak,” kata dia kepada Ayobekasi.net, Rabu (20/5/2020).

Selain itu, keraguan pun muncul lantaran warga di tempat dia tinggal belum menjalani rapid test. Termasuk dirinya sendiri yang memang takut menjalani tes.

“Iya jadi apa ya udah parno aja duluan. Kalau negatif alhamdulillah, kalau positif kita diisolasi di rumah sakit sendirian. Enggak tahu bakalan sembuh atau meninggal,” ujarnya.

Salat Idul Fitri di rumah saja juga menjadi opsi Rahman, warga Kelurahan Teluk Pucung, Bekasi Utara. Dia hanya ingin mengikuti imbauan pemerintah sekaligus membantu tenaga medis untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Bukan tanpa alasan, Rahman memiliki adik yang berprofesi sebagai perawat di sebuah rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Bekasi. Apa yang ia lakukan juga didedikasikan khusus untuk sang adik.

“Niat Pemkot Bekasi baik, tapi saya juga punya pilihan untuk salat di rumah saja demi menjaga keluarga dan orang lain dari Covid-19,” kata dia.

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengambil sikap untuk mengizinkan masjid menggelar salat Idul Fitri. Tapi, hanya di wilayah yang masuk zona hijau Covid-19 atau tidak ada warga yang terkonfirmasi positif.

“Kalau yang wilayahnya masih zona merah, salat di rumah dulu,” ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar