Warga Bekasi Usulkan PCR Test Usai Salat Id di Masjid

  Rabu, 20 Mei 2020   Firda Puri Agustine
Ilustrasi tes PCR. (Denis Balibouse/Reuters)

BEKASI UTARA, AYOBEKASI.NET – Sejumlah warga mengusulkan pada Pemerintah Kota Bekasi agar dilakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) usai menunaikan salat Idul Fitri (Ied) di masjid.

Hal ini dilakukan untuk memetakan sekaligus memutus rantai penyebaran Covid-19, meskipun wilayah yang diizinkan menggelar salat Ied masuk kategori zona hijau.

“Zona-nya boleh hijau, tapi kan virusnya bisa jadi ada di situ. Orang Tanpa Gejala (OTG) juga bahaya kan. Makanya kenapa enggak dites PCR aja sekalian,” kata Wahyu, warga Bekasi Utara kepada Ayobekasi.net, Rabu (20/5/2020).

Dia menilai kerumunan massa yang terjadi, baik pada saat dan setelah salat Ied berpotensi menjadi media penularan Covid-19. Dia juga tidak yakin masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan yang benar.

“Orang salat di masjid pasti banyak, memang bisa dipantau satu-satu? Kan enggak. Personel keamanan juga terbatas. Kita sadar protokol kesehatan, tapi orang lain belum tentu,” ujarnya.

Warga lain, Andri mengaku setuju dengan wacana mengadakan tes PCR bagi jamaah yang baru pulang menunaikan salat ied. Selain bisa mengetahui status Covid seseorang, juga bisa menekan penyebaran virus tersebut.

“Kalau bisa malah sebelum salat ied dites dulu supaya kita yang memang mau salat di masjid jadi tenang gitu, enggak was-was ketemu banyak orang,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Bekasi bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cabang Kota Bekasi membuat kesepakatan dengan mengizinkan warga yang berada di wilayah zona hijau salat Idul Fitri di masjid.

Meski demikian, protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah wajib ditaati, seperti menjaga jarak fisik dan sosial, memakai masker, serta mencuci tangan.

“Walaupun wilayahnya zona hijau, tapi tidak boleh lengah. Jangan sampai yang sudah hijau berubah jadi merah. Sama-sama kita disiplin,” kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Adapun wilayah yang masuk zona hijau di Kota Bekasi berjumlah 38 dari total 56 kelurahan. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar