Indonesia Beli Vaksin Covid-19, Kini Bakal Diuji Bio Farma

  Senin, 20 Juli 2020   Suara.com
ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Kementerian Luar Negeri menginformasikan bahwa Indonesia telah membeli vaksni penangkal Covid-19 dari perusahaan farmasi asal Cina, Sinovac Biotech.

Vaksi tersebut sudah tiba di Indonesia pada Minggu (19/7/2020) dan kini telah diserahkan ke perusahaan farmasi Indonesia, Bio Farma.

"Dari RRT, untuk uji klinis bekerjasama dengan Bio Farma," kata Pelaksana tugas (Plt) juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah kepada Suara.com, Senin (20/7/2020).

Faiza menjelaskan kerja sama dengan Sinovac Biotech ini merupakan diplomasi pemerintah dalam jangka pendek.

"Kemlu memfasilitasi proses awalnya. namun selanjutnya bisnis to bisnis," jelasnya.

Untuk diketahui, Vaksin buatan Sinovac memang menjadi salah satu kandidat vaksin corona yang paling maju di dunia karena sudah berhasil uji klinis hingga tahap II.

Pada tahapan ketiga, vaksin ini harus diuji ke ribuan orang di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Sebelum diedarkan untuk uji klinis tahap III, vaksin ini akan diuji coba lebih lanjut oleh PT Bio Farma yang bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes), serta berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).  

Menkes Terawan Agus Putranto sebelumnya menyebut, vaksin dari Sinovac ini akan mendapat izin edar di Indonesia awal 2021.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar