Produk Perawatan Wajah Ini Wajib Dipakai Sebelum Usiamu 30

  Kamis, 30 Juli 2020   Ananda Muhammad Firdaus
ilustrasi skincare. (Pixabay)

BEKASI SELATAN, AYOBEKASI.NET -- Menurut Alicia Barba, seorang dokter kulit di Miami, tanda-tanda pertama kerusakan akibat sinar matahari umumnya muncul di usia 30-an. Perlu diingat bahwa perubahan di kulit sebenarnya adalah cerminan perilaku masa lalu.

Kita harus mulai memperhatikan perawatan wajah yang dipakai sebelum berusia 30 tahun. Dilansir dari Vogue, Kamis (30/7/2020), Barba memberi tahu produk perawatan kulit terbaik untuk usia 20-an.

Pertama, gunakan pembersih yang lembut terutama di pagi hari. Barba juga merekomendasikan penggunaan exofiliator. Namun, ia memperingatkan agar berhati-hati memilih dan mengaplikasikannya. Jika terlalu keras dan kasar dapat menyebabkan pengelupasan kulit berlebihan.

Selanjutnya gunakan toner yang mengandung asam hialuronat, air mawar, dan klorheksidin yang tidak terlalu mengupas kulit. Asam hialuronat akan menghidrasi kulit dengan lembut sedangkan klorheksidin dapat mencegah jerawat.

Barba kemudian menyarankan penggunaan serum vitamin yang dikemas dengan antioksidan sebagai lapisan pelindung matahari tambahan. Menurutnya, tabir surya bukan penghalang sinar UV yang sempurna.

“Bagus untuk memakai sesuatu di bawah SPF untuk menetralkan radikal bebas yang dikeluarkan sekaligus membantu produksi kolagen,” katanya.

Beberapa tabir surya mengklaim memiliki antioksidan di dalamnya tetapi Barba tetap merekomendasikan penggunaan secara terpisah. Alasannya, tidak pernah terbukti jumlah antioksidan dalam tabir surya yang dimasukkan cukup untuk melindungi kulit.

Namun, tabir surya tetap jadi produk wajib yang harus selalu dipakai. Dalam mengaplikasikan tabir surya pun pilih yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi.

“Cari (yang mengandung) bahan zinc oksida dan titanium dioksida. Hasil akhirnya bagus dan dapat menyebabkan lebih sedikit jerawat di usia 20-an,” ujar Barba.

Selanjutnya adalah menggunakan retinol. Pilihlah produk retinol ringan yang bebas iritasi atau pengelupasan kulit. Retinol dapat digunakan setiap malam dengan cara mencampurkannya ke sedikit pelembap agar lebih toleran.

Barba juga merekomendaskan penggunaan krim mata. “Kulit di sekitar mata kita adalah kulit tertipis di tubuh dan salah satu tempat pertama yang menunjukkan usia kita,” ucapnya.

Menggunakan krim mata sejak dini akan mengembangkan kebiasaan yang baik. Krim mata dapat menghidrasi kulit sehingga kerutan di sekitar mata akan terlihat lebih sedikit ketika sudah tua.

Rahasia terakhir yang dikatakan Barba adalah menggunakan scrub untuk seluruh tubuh. Namun, terlalu banyak menggunakan scrub dapat menyebabkan kulit kering dan gatal. Sehingga hati-hati dalam memilih scrub, pilih yang lembut dan memiliki efek melembabkan kulit. (Ventriana Berlyanti)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar