Tiga Perusahaan Swasta Berpotensi Produksi Vaksin Merah Putih

  Rabu, 09 September 2020   Khoirur Rozi
ilustrasi. (Pixabay)

BOGOR, AYOBEKASI.NET -- Pemerintah Indonesia menggandeng perusahaan swasta untuk memproduksi Vaksin Merah Putih. Vaksin buatan lokal ini diharapkan mampu menjaga daya tahan tubuh masyarakat dari Covid-19.

Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengatakan, saat ini ada tiga perusahaan swasta yang berpotensi mampu memproduksi vaksin tersebut. Perusahaan ini nantinya akan berkolaborasi dengan perusahaan farmasi plat merah, yakni PT Bio Farma.

"Kami dalam konsorsium vaksin merah putih juga akan mengundang beberapa perusahaan farmasi swasta untuk ikut memproduksi vaksin Covid-19," kata Bambang di Istana Bogor, Rabu (9/9/2020).

Sebelum diberikan mandat untuk memproduksi vaksin, perusahaan swasta itu terlebih dahulu harus mengurus perizinan ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM). Menurut Bambang, selain perizinan, perusahaan juga perlu menyiapkan line of production atau persiapan produksi.

"Sejauh ini sudah ada tiga perusahaan yang potensial, tapi tentunya mereka harus segera mengurus izin ke BPOM untuk mengurus penbuatan vaksin yang baik. Mereka juga harus menyiapkan line of production khusus untuk vaksin Covid-19 ini," jelasnya.

Bambang berharap, dengan adanya bantuan dari perusahaan swasta ini, Indonesia menjadi mandiri dalam menyediakan vaksin Covid-19. Dia juga memastikan vaksin produksi dalam negeri bakal aman digunakan oleh masyarakat.

"Dengan tambahan dari perusahaan swasta tersebut, diharapkan Indonesia punya kemandirian dalam penyediaan dan pengembangan vaksin Covid-19 ini," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar