3 Ciri Orang Korupsi Menurut Ketua KPK

  Selasa, 20 Oktober 2020   Suara.com
Ketua KPK Firli Bahuri. (Antara)

JAKARTA, AYOBEKASI.NET -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan bahwa setidaknya ada tiga ciri orang yang melakukan tindak pidana korupsi. Ia mengatakan itu dalam webinar Nasional Pilkada Berintegritas tahun 2020 dengan tema ' Mewujudkan Pimpinan Daerah Berkualitas Melalui Pilkada Serentak yang Jujur dan Berintegritas, Selasa (20/10/2020).

Menurutnya, ciri-ciri pertama, yakni orang melakukan korupsi karena serakah. Kedua, karena untuk kebutuhan. "Kemudian orang melakukan korupsi karena ancaman hukumannya bahkan vonisnya rendah," ucap Firli.

Maka itu, Filri mengingatkan kepada calon kepala daerah untuk menjauhkan perilaku-perilaku seperti itu karena hanya akan merugikan rakyat.

Dia pun meminta agar kepala daerah yang telah terpilih harus membenahi sistem di pemerintahannya.

"Korupsi itu terjadi karena sistem. Jadi, calon kepala daerah sudah terpilih lihat kembali apakah sistem yang ada dikomitmen daerah itu sudah baik, karena sesungguhnya untuk mencegah korupsi bisa dilakukan dengan cara perbaikan sistem," ungkap Firli.

Dia juga mengharapkan, calon kepala daerah sudah mulai mencari tahu kesalahan dalam sistem pemerintahan daerah dan harus dibenahi.

"Sekarang masih calon dilihat, kira-kira sistem pemerintahan mana yang lemah, buruk dan gagal. Mulai sekarang dilakukan koreksi sehingga nanti kalau duduk sebagai kepala daerah," kata dia.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar